Rabu, 21 November 2012

Sunnahnya berpuasa 'Arafah (hari/saat Wukuf Haji) dan 'Asyura (Tgl 10 Muharrom)

Sekedar mengingatkan >>>

Sesungguhnya telah disunnahkan bagi semua hamba Allah yg beriman (mukmin) yg tidak melakukan ibadah haji, untuk berpuasa pada saat saudara²nya melaksanakan wukuf di Arofah.
Terdapat beberapa keutamaan ketika melakukan puasa, pada saat saudara²nya melaksanakan wukuf di Arofah, dan puasa pada tgl 10 Muharrom, yakni:


1.Diterima dari Abu Qatadah r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda :
"Puasa pada hari 'Arafah, dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, yaitu tahun yang lalu dan tahun yang akan datang. Dan puasa hari 'Asyura menghapuskan dosa tahun yang lalu ".(Diriwayatkan oleh jama'ah kecuali Bukhary dan Turmudzi)

2.Diterima dari Hafsah r.a, katanya :
"Ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW. : Puasa 'Asyura, puasa sepertiga bulan (yaitu bulan Dzulhijjah), puasa tiga hari tiap bulan, dan sholat dua rakaat sebelum subuh ".(Riwayat Ahmad dan Nasa'i).

2 komentar:

  1. Alhamdulilah kami sekeluarga Berpuasa pd tgl 9 dan 10 As-syuro, tksih sudah mengingatkan kami dan teman Muslim lainnya, semoga kberkahan slalu bersama anda, salam persaudaraan dari kami. Nur Ahmadi CV. MADINA SAKTI Jepara. 0823 3100 8817 (SMS Only)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, segala puji & kebaikan hanya milik Allah ...

      Hapus