Jumat, 04 Mei 2012

Apakah kita menyembah Ka'bah ... ?


Sesungguhnya kalau kita sholat pasti menghadap Ka'bah ...
Apakah kita menyembah Ka'bah ... ?
Subhanallah, tentu tidak, kita menyembah Tuhan Pemilik Ka'bah ...

Benarkah kita menyembah Kabah?
QS. 106. Quraisy:3

فَلْيَعْبُدُواْ رَبَّ هَـٰذَا ٱلْبَيْتِ

"Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah)."
--------------------

Kenapa kita Sholat menghadap Ka'bah ...?
Ada beberapa jawaban:
1. Karena perintah Allah (lihat QS.108:2 dibawah)
2. Mempersatukan umat Islam, dimana arah/kiblat adalah sama
3. Perlu diingat, bahwa rumah ibadah pertamakali yg dibangun adalah Ka'bah


QS 108. Al Kautsar:2

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنْحَرْ

"Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah [menyembelih hewan qurban dan mensyukuri nikmat Allah]."
--------------------
Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa ayat ini (S.108:2) turun ketika Jibril datang kepada Rasulullah pada peristiwa Hudhaibiyyah memerintahkan qurban dan shalat. Rasulullah segera berdiri khutbah fithri mungkin juga Adl-ha (Rawi meragukan, apakah peristiwa di dalam Hadits itu terjadi pada bulan Ramadhan ataukah Dzulqaidah) kemudian shalat dua raka'at dan menuju ke tempat qurban lalu memotong qurban.
(Diriwayatkan oleh Ibnu jarir yang bersumber dari Sa'ad bin Jubair.)

Sebenarnya tuduhan muslim menyembah Ka’bah dan Hajar Aswad adalah fitnah2 yang sudah sering dibahas dimana-mana.

Berikut ini bukti-bukti Hajar Aswad bukan Allah, dan muslim tidak menyembah HajarAswad:
1. Jika berada dalam suatu tempat yang tidak diketahui arah mata anginnya, atau sedang duduk di dalam kendaraan yang jalannya berkelok-kelok, maka umat Islam boleh melakukan shalat dengan menghadap ke arah mana saja.
Karena Allah berfirman:
“Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah[kekuasaan Allah meliputi seluruh alam; sebab itu di mana saja manusia berada, Allah mengetahui perbuatannya, karena ia selalu berhadapan dengan Allah]. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah 115).

[Ayat itu turun berkenaan kepindahan kiblat dari masjid Aqso ke Mesjid Haram. Para Yahudi heran dgn kepindahan itu, mereka berkata mengapa pindah kiblat? Maka turunlah ayat itu.]

Ka’bah sebagai penentu arah sholat bukan objek yg disembah.
"... Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan." (QS.Al-Baqarah :144)

Juga dikuatkan lagi dengan perintah seperti pada ayat berikut ini (supaya sholat menghadap ke arah Masjidil Haram):

QS.2. Al Baqarah:

وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ وَإِنَّهُ لَلْحَقُّ مِن رَّبِّكَ وَمَا ٱللَّهُ بِغَـٰفِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ

149. Dan dari mana saja kamu keluar (datang), maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram, sesungguhnya ketentuan itu benar-benar sesuatu yang hak dari Tuhanmu. Dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan. 

Jadi intinya bukan menyembah batu tapi inti dari ajaran itu ialah ketundukan kepada Tuhan mereka. Pengakuan bahwa Allah itu Rabb mereka. Analoginya begini, misalkan kita disuruh oleh orang tua kita untuk mencium komputer yg ada di depan kita, lalu kita menuruti, lalu apakah ini berarti kita menyembah komputer ? Tentu orang yg berfikiran jenih mengatakan tidak. Kita melakukan itu karena wujud taat dan tunduk kepada perintah orang tua, sebagai wujud bakti kita sebagai anak kepada orang tua. Nah begitulah ummat islam dalam melakukan sholat dan thowaf kenapa mereka menghadap batu dan mencium batu. Itu karena wujud ketaatan kepada Allah, Tuhan mereka memerintahkan dalam ajaran Nya supaya melakukan demikian.

2. Tahun 930 sampai 951 hajar aswad pernah hilang dicuri dan disembunyikan oleh kaum Syi’ah golongan Ismailiyah Qarmathi.
Apakah dengan hilangnya batu itu lantas umat Islam lantas heboh dan tidak shalat lagi karena hajar aswad sudah tidak ada? Meski hajar aswad pernah hilang, namun selama 21 tahun itu umat Islam tidak pernah libur shalat. Seandainya umat Islam itu shalat menyembah hajar aswad, maka selama 21 tahun itu mereka libur shalat. Tapi nyatanya tidak. Umat Islam tetap shalat menghadap kiblat, baik dengan ada batu ataupun tidak, karena esensi mereka ialah mematuhi perintah Allah bukan menghadap dan menyembah batu.

3. Setelah Hajar Aswad itu berhasil ditemukan kembali, batu itu sudah tidak utuh lagi. Ada pecahan di sana sini, sehingga volumenya sudah mulai berkurang. Dan batu hitam yang ada sampai sekarang pun itu sudah paduan antara batu hitam yang asli dengan perekat. Apakah umat Islam heboh karena itu? Jawabnya: Tidak pernah! Sebab Tuhan yang disembah oleh umat Islam itu bukanlah batu tetapi Allah SWT. Batu boleh rusak dan hilang, tetapi Allah tetap ada dan kekal sampai selama-lamanya. Inilah bukti bahwa Allah bukan batu, dan batu tidak sama dengan Allah. Lagipula jika muslim menganggap Hajar Aswad adalah Allah, pasti akan banyak duplikat/tiruan batu itu di setiap Masjid?

4. Dahulu pada masa Rasulullah SAW, para shahabat naik dan berdiri di atas Ka’bah ketika mengumandangkan azan (panggilan shalat). Mereka melakukan itu lima kali sehari. Rasulullah tak pernah menegur maupun melarangnya. Jika Ka’bah adalah Tuhan yang disembah oleh umat Islam, mana mungkin para shahabat ketika itu berani menginjak-injak Tuhannya?

5. Sampai saat ini, para petugas juga naik dan berdiri di atas Ka’bah ketika mengganti Kisywah (kain kelambu penutup Ka’bah). Ini juga bukti nyata bahwa sampai saat ini dan sampai kapan saja tak seorang pun umat Islam yang menyembah Ka’bah. Andai kata mereka menganggap Ka’bah sebagai tuhan yang disembah, mana mungkin mereka berani naik, berdiri dan menginjak Ka’bah?

6. Ketika thawaf dengan menunggang seekor unta, Rasulullah SAW pernah tidak mencium hajar Aswad, melainkan menyentuhnya dengan tongkat beliau. (HR. Bukhari juz 2 nomor 677). Jika Nabi pada waktu hidupnya menyembah hajar aswad, mana mungkin beliau berani menyentuh Tuhannya dengan sebuah tongkat sambil duduk di atas unta? Teladan Nabi ini membuktikan bahwa beliau tidak menyembah hajar aswad. Jika Hajar Aswad adalah tuhan, tidak mungkin Rasulullah berani dengan lancangnya menyentuh hanya dengan tongkat bukan dengan tangan atau menghormatinya sedemikian rupa.

7. Ketundukan ini pula yang telah dilakukan oleh shahabat Umar RA ketika haji. Dalam hadits shahih dikisahkan bahwa beliau datang mendekati Hajar Aswad (batu hitam) lalu dia menciumnya dan berkata:
“Sesungguhnya aku tahu bahwa engkau ini batu yang tidak memberikan mudharat dan tidak pula mendatangkan manfaat. Jika aku tidak melihat Rasulullah SAW menciummu, maka aku tidak akan menciummu pula” (HR.Bukhari dari Abis bin Rabi’ah RA).
Jika memang Hajar Aswad adalah Allah, maka tentu saja Rasulullah akan marah dan membantah perkataan Umar tapi nyatanya TIDAK.

Perhatikan ayat-ayat ini:

قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ
ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ
لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ
وَلَمْ يَكُنْ لَّهُ كُفُواً أَحَدٌ

1. Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa.
2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,
4. dan TIDAK ADA SEORANG PUN YANG SETARA DENGAN-NYA."
(QS al-Ikhlas: 1-4).

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa kaum musyrikin meminta penjelasan tentang sifat-sifat Allah kepada Rasulullah saw. dengan berkata: "Jelaskan kepada kami sifat-sifat Tuhanmu." Ayat ini (S. 112:1-4) turun berkenaan dengan peristiwa itu sebagai tuntunan untuk menjawab permintaan kaum musyrikin.
(Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah dari Abi Aliyah yang bersumber dari Ubay bin Ka'ab. Diriwayatkan pula oleh at-Thabarani dan Ibnu jarir yang bersumber dari Jabir bin Abdillah dan dijadikan dalil bahwa surat ini Makkiyah.)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa kaum Yahudi menghadap kepada Nabi saw. dan diantaranya Ka'bubnul 'asyraf dan Hay bin Akhtab. Mereka berkata: "Hai Muhammad, lukiskan sifat-sifat Tuhan yang mengutusmu." Ayat ini (S.112:1-4) turun berkenaan dengan peristiwa itu.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Ibnu Abbas. Diriwayatkan pula oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari Qatadah dan Ibnu Mundzir yang bersumber dari Sa'id bin Jubair. Dengan riwayat ini Sa'id bin Jubair menegaskan bahwa surat ini Madaniyyah.)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa kaum Ahzab(Persekutuan antara kamu Quraisy, Yahudi Madinah, kaum Goththafan dari Thaif dan munafiqin Madinah dan beberapa suku sekeliling Makkah) berkata: "Lukiskan sifat Tuhanmu kepada kami." Maka datanglah Jibril menyampaikan surat ini (S.112:1-4) yang melukiskan sifat-sifat Allah.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Abil 'Aliyah yang bersumber dari Qatadah.)

Keterangan:
Menurut as-Suyuthi kata "al-Musyrikin" dalam hadits yang bersumber dari Ubay bin Ka'ab ialah musyrikin dari kaum Ahzab, sehingga surat ini dapat dipastikan Madaniyyah sesuai dengan hadits Ibnu Abbas. Dengan demikian, tidak ada pertentangan antara dua hadits tersebut di atas dan diperkuat pula oleh riwayat Abus Syaikh di dalam kitabul Adhamah dari Aban yang bersumber dari Anas yang meriwayatkan bahwa Yahudi Khaibar menghadap kepada Nabi saw. dan berkata: "Hai Abal Qasim! Allah menjadikan malaikat dari cahaya hijab, Adam dari tanah hitam, Iblis dari api yang menjulang, langit dari asap, dan bumi dari buih air. Cobalah terangkan kepada kami tentang Tuhanmu." Rasulullah saw tidak menjawab, sehingga turunlah Jibril membawa wahyu surat ini (S.112:1-4) yang melukiskan sifat Allah.
--------------------

Jadi sangat jelas Allah tidak setara dengan maklukNya dan tidak mungkin menyerupai makhluk-Nya. Apalagi dianggap sama dengan batu Hajar Aswad. Sudah jelas sekarang, bahwa Hajar Aswad bukan tuhan yang kami sembah !
--------------------

Sebagai tambahan:

Barangsiapa Ingin Berjumpa Allah, maka Hendaknya Memperhatikan Ayat Berikut ini:

QS.18. Al Kahfi:

قُلْ إِنَّمَآ أَنَاْ بَشَرٌ مِّثْلُكُمْ يُوحَىٰ إِلَىَّ أَنَّمَآ إِلَـٰهُكُمْ إِلَـٰهٌ وَاحِدٌ فَمَن كَانَ يَرْجُو لِقَآءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلاً صَـٰلِحاً وَلاَ يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدَا

110. Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa." Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya." 

Keterangan:
Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW, adalah manusia biasa seperti kita, sama2 memiliki jasad dan organ manusia. Namun yg membedakannya, beliau adalah penghubung antara Allah (Pencipta) dengan makhluq-Nya. Sehingga amatlah tidak pantas untuk menyembah Nabi Muhammad SAW karena beliau adalah makhluq seperti kita, dan juga amatlah tidak pantas untuk menyamakan kita dengan beliau, karena beliau merupakan penerima wahyu dari Tuhan Semesta Alam, Utusan Allah (bahkan beliau pernah berbicara secara langsung dng Allah saat Isra Mi'raj, yg tidak akan pernah terjadi pada manusia biasa).

Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, yakni ingin bertemu dengan Allah, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang sholeh, amal baik yg ikhlas diperuntukkan hanya kepada Allah SWT (karena sadar, bahwa ia/kita ingin berjumpa dengan-Nya dengan Rahmat dan Ampunan-Nya).
Dan yang terpenting, JANGAN-lah ia mempersekutukan Allah dengan sesuatu makhlukpun (benda [ka'bah, hajar aswad] atau seorangpun atau yg lainnya) dalam beribadah kepada Allah. Sesuatu yg mudah dilakukan di Dunia ini, namun sangat2 berpengaruh (berat) ketika sudah di Akhirat.

Apakah sulitnya untuk Tidak mempersekutukan Allah di Dunia ini?
Ingatlah, dengan melihat alam semesta, dunia yg kita tempati ini tidak pernah hancur bertabrakan atau ditabrak planet lain, merupakan bukti kuat kalau Allah tidak berada di Dimensi ini atau membutuhkan dimensi, karena semua yg berada di suatu dimensi dan membutuhkan dimensi berati ia Lemah, dan TIDAK akan sanggup menjaga alam semesta ini tetap utuh sampai sekarang!.
Dan Dia tidak membutuhkan pendamping atau anak untuk menjaga dan memelihara alam semesta ini, karena memang Dia sangatlah Perkasa, Maha Perkasa dan Maha Sombong yg tidak lemah, dimana semua kehendakNya pasti terpenuhi tanpa ada protes dari makhlukNya. Andaikan makhluk-Nya protespun, tidak berpengaruh terhadap kehendakNya, tidak ada yg dapat menahan atau menolak kehendakNya!.

Renungan:
Dahulu Allah memerintahkan supaya Iblis mau sujud kepada Nabi Adam as ...
Maksud dari Sujud di sini adalah menghormati dan memuliakan Adam, bukan sujud memperhambakan diri ...
Dan ternyata Iblis menolak dengan kesombongan ...

Dan sekarang Allah memerintahkan supaya kita sholat menghadap ke arah Masjidil Haram ...
Maksudnya menjadikan Ka’bah sebagai penentu arah sholat dan bukan objek yg disembah ...
Apakah Manusia juga ingkar? Dan dengan sombongnya menuduh menyembah Ka'bah?
Apakah Manusia ingin mengikuti jejak Iblis Laknatullah ...???

----------------------------------
Penasaran ingin Melihat Dzat Allah? Silahkan simak artikel berikut ini: http://tausyiahaditya.blogspot.co.id/2016/03/melihat-dzat-allah.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar