Selasa, 29 Mei 2012

Larangan mengharamkan makanan yang halal

Diriwayatkan dari Ikrimah dan Ibnu Abbas ra. bahwa ayat ini turun berkenaan dng beberapa orang sahabat Rasulullah SAW. Diantara mereka adalah Usman bin Mad'un. Mereka mengharamkan daging bagi dirinya karena khawatir syahwatnya akan timbul. Selain itu, juga berkenaan dng sekelompok orang yg mewajibkan Sholat malam dan puasa, tetapi mereka menjauhi wanita. Bahkan, mereka berkehendak memotong alat vitalnya yg dianggap sebagai penghalang ibadah. Maka turunlah ayat ini dan sesudahnya.

Dilarang mengharamkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kita...
Baik itu makanan, minuman ataupun menikahi wanita2 ...
Janganlah mempersempit apa2 yg telah dimudahkan atau dilapangkan oleh Allah...


Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu...
Makanan yg halal berarti semua makanan yg tidak diharamkan Allah dalam kitabNya...
Makanan yg baik berarti makanan yg menyehatkan, bergizi, dan tidak menimbulkan penyakit bagi beberapa orang, misalnya: orang yg terkena kolesterol, berpantangan terhadap beberapa makanan tertentu (walaupun halal namun tidak boleh dimakan, karena bisa menimbulkan penyakit)
Dan yg terpenting, uang yg digunakan unt membeli makanan yg baik dan halal adalah uang yg halal juga, bukan uang yg didapat dng cara tdk sah ...

Jangan pula memakan makanan melampaui batas...
Terlalu banyak sehingga dapat menimbulkan penyakit (baik disadari ataupun tidak)...
Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas...
Maka bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya...

QS 5. Al Maa'idah:87-88

يٰأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لاَ تُحَرِّمُواْ طَيِّبَـٰتِ مَآ أَحَلَّ ٱللَّهُ لَكُمْ وَلاَ تَعْتَدُوۤاْ إِنَّ ٱللَّهَ لاَ يُحِبُّ ٱلْمُعْتَدِينَ
وَكُلُواْ مِمَّا رَزَقَكُمُ ٱللَّهُ حَلَـٰلاً طَيِّباً وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ ٱلَّذِىۤ أَنتُم بِهِ مُؤْمِنُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas."

"Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya. "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar