Minggu, 11 Agustus 2013

Keutamaan Sahabat Nabi SAW (18-22)

  1. Di antara keutamaan Bilal Radhiyallahu’anhu
    • Hadis riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, ia berkata: Selesai salat Subuh, Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bertanya kepada Bilal: Wahai Bilal! Ceritakan kepadaku tentang perbuatan yang paling bermanfaat yang telah kamu lakukan setelah memeluk Islam. Karena semalam aku mendengar suara langkah sandalmu di depanku dalam surga. Bilal berkata: Aku tidak pernah melakukan suatu amalan yang paling bermanfaat setelah memeluk Islam selain aku selalu berwudu dengan sempurna pada setiap waktu malam dan siang kemudian melakukan salat sunat dengan wuduku itu sebanyak yang Allah kehendaki. (Shahih Muslim No.4497)
  2. Di antara keutamaan-keutamaan Abdullah bin Masud Radhiyallahu’anhu dan ibunya
    • Hadis riwayat Abu musa Radhiyallahu’anhu, ia berkata: Satu hari aku dan saudara lelakiku telah tiba dari Yaman lalu kami tinggal bersama untuk beberapa waktu. Kami tidak melihat Ibnu Masud dan ibunya kecuali sebagai termasuk anggota keluarga Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam karena mereka sering masuk dan menemani beliau. (Shahih Muslim No.4499)
    • Hadis riwayat Abdullah bin Masud Radhiyallahu’anhu, ia berkata: Berdasarkan bacaan siapakah kamu menyuruhku membaca karena sesungguhnya aku pernah membacakan tujuh puluh sekian surah di hadapan Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam dan para sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam pun sudah mengetahui bahwa akulah yang lebih mengetahui daripada mereka tentang Alquran. Seandainya aku mengetahui bahwa ada seseorang yang lebih mengetahui daripada aku, maka pasti aku akan pergi kepadanya. Selanjutnya Syaqiq mengatakan: Aku kemudian duduk mengikuti pengajian para sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassalam namun aku tidak mendengar seorang pun yang menyangkal dan mencelanya. (Shahih Muslim No.4502)
    • Hadis riwayat Abdullah bin Amru Radhiyallahu’anhu: Dari Masruq ia berkata: Kami mendatangi Abdullah bin Amru dan bercakap-cakap dengannya. Ia berkata lagi: Ibnu Numer juga sedang bersamanya di sana. Lalu suatu hari kami membicarakan tentang Abdullah bin Masud Radhiyallahu’anhu Kemudian Abdullah bin Amru mengatakan: Sesungguhnya kamu telah membicarakan tentang seorang lelaki yang selalu aku senangi setelah aku mendengar sesuatu tentangnya dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam yaitu aku mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda: Ambillah (belajarlah) Alquran dari empat orang yaitu dari Ibnu Ummu Abid Radhiyallahu’anhu, beliau memulai dengan menyebutnya pertama kali, Muaz bin Jabal Radhiyallahu’anhu, Ubay bin Kaab Radhiyallahu’anhu serta dari Salim Radhiyallahu’anhu, budak Abu Hudzaifah bin Yaman Radhiyallahu’anhu. (Shahih Muslim No.4504)
  3. Di antara keutamaan Ubay bin Kaab Radhiyallahu’anhu dan beberapa orang Ansar yang lain
    • Hadis riwayat Anas bin Malik Radhiyallahu’anhu berkata: Pada masa Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam Alquran telah dikumpulkan oleh empat orang yang semuanya berasal dari kaum Ansar yaitu, Muaz bin Jabal Radhiyallahu’anhu, Ubai bin Kaab Radhiyallahu’anhu, Zaid bin Tsabit Radhiyallahu’anhu dan Abu Zaid Radhiyallahu’anhu. (Shahih Muslim No.4507)
  4. Di antara keutamaan Saad bin Muaz Radhiyallahu’anhu
    • Hadis riwayat Jabir bin Abdullah Radhiyallahu’anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda: Ketika jenazah Saad bin Muaz Radhiyallahu’anhu masih berada di hadapan mereka berguncanglah arsy Tuhan Yang Maha Pengasih karenanya. (Shahih Muslim No.4511)
    • Hadis riwayat Barra’ ia berkata: Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam pernah dihadiahkan sepotong pakaian sutra lalu mulailah para sahabat saling memegangnya dan terkagum akan kelembutannya. Beliau lalu bersabda: Apakah kalian mengagumi kelembutan pakaian sutra ini, sesungguhnya sapu tangan milik Saad bin Muaz Radhiyallahu’anhu di surga adalah lebih baik dan dan lebih lembut dari pakaian sutra ini. (Shahih Muslim No.4514)
    • Hadis riwayat Anas bin Malik Radhiyallahu’anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam pernah dihadiahkan sepotong jubah yang terbuat dari sutra tipis, beliau sebelumnya telah melarang memakai pakaian sutra, lalu para sahabat mengagumi jubah itu. Beliau kemudian bersabda: Demi Zat yang jiwa Muhammad berada dalam genggaman tangan-Nya, sesungguhnya sapu tangan Muaz Radhiyallahu’anhu di surga lebih bagus dari jubah ini. (Shahih Muslim No.4515)
  5. Di antara keutamaan Abdullah bin Amru bin Hiram Radhiyallahu’anhu, orang tua Jabir bin Abdullah Radhiyallahu’anhu
    • Hadis riwayat Jabir bin Abdullah Radhiyallahu’anhu, ia berkata: Setelah peristiwa perang Uhud, orang tuaku didatangkan dalam keadaan terbungkus sekujur tubuhnya karena jasadnya telah tercabik-cabik. Ketika aku bermaksud mengangkat kain yang membungkusnya, orang-orang segera melarangku, kemudian aku hendak mengangkat kain pembungkus itu lagi dan orang-orang kaumku tetap melarangku. Akhirnya Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam sendiri yang mengangkat kain pembungkus itu atau beliau memerintahkan untuk diangkat lalu diangkatlah kain itu. Tiba-tiba beliau mendengar suara tangisan atau jeritan seorang wanita, lalu beliau bertanya: Siapakah itu? Mereka menjawab: Putri Amru atau saudara perempuan Amru. Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam berkata: Mengapa ia menangis, padahal para malaikat sedang menaungi dengan sayap-sayapnya sampai dia diangkat. (Shahih Muslim No.4517)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar