Kamis, 20 September 2012

Sifat-sifat orang mukmin

Sesungguhnya ciri2 orang-orang yang sempurna imannya:
1. Bila disebut nama Allah dng menyebut sifat-sifat yang mengagungkan dan memuliakanNya, maka gemetarlah hati mereka. Pada saat itu timbul perasaan penuh haru mengingat besarnya nikmat dan karuniaNya.
2. Apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka karenanya, karena ayat2 itu mengandung dalil2 yg kuat yg memengaruhi jiwanya sedemikian rupa sehingga mereka bertambah yakin dan mantab serta dapat memahami kandungan isinya.
3. Hanya kepada Allah-lah mereka bertawakkal, tidak berserah diri kepada selainNya. Tidak berharap kecuali hanya kepadaNya, dan tidak takut kecuali hanya kepadaNya. Tawakkal merupakan senjata terakhir seseorang dalam mewujudkan serangkaian amal setelah berbagai sarana dan syarat yg diperlukan itu dikerjakan.


Siapakah dia yg memiliki ciri2 yg telah disebutkan diatas ? dia adalah:
1. Orang2 yg mendirikan Sholat tepat pada waktunya yg dikerjakan berjamaah di Masjid bagi Laki2, dan bagi wanita boleh dikerjakan dirumah masing2.
2. Orang2 yg menginfakkan sebagian hartanya dijalan yg telah diperintahkan oleh Allah, baik secara sembunyi2 ataupun secara terang2an.

Dalam menginfakkan sebagian harta, ada beberapa golongan:
1. Bagi semuanya, baik kaya ataupun miskin, dianjurkan unt bersedekah, namun bagi yg kaya, ada tambahan, yakni wajib berzakat.
2. Bagi yg kaya dan mampu, diwajibkan berhaji di Baitullah. Sedangkan Umrah berkali2, bukanlah wajib, sehingga walaupun seseorang telah ber-umrah berkali2 namun belum berhaji, maka tanggungan akan kewajiban berhaji masih melekat kepadanya, dan tidak bisa serta-merta gugur karena umrahnya yg berkali2 itu.

Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya ...
Yang telah menjaga hubungan baik antara Hamba dng Tuhannya (Hablum min Allah) (1)
dan yang telah menjaga hubungan baik antara manusia (Hablum min annaas) (2)
Mereka akan memperoleh beberapa derajat kemuliaaan di sisi Tuhannya ...
Mereka akan memperoleh ampunan ...
Mereka akan memperoleh rezki dan nikmat yang mulia ...

Kalau diperhatikan, setiap ada ayat yg memerintahkan unt menegakkan Sholat, maka seringkali diikuti dng perintah unt berzakat atau menafkahkan sebagian rizki atau harta kita ...
Sesungguhnya inilah bukti kasih-sayang Allah ...
Allah tdk menghendaki makhluq-Nya HANYA beribadah kepadaNya saja ...
Namun, Allah sangat menyayangi makhluk2Nya, sehingga Allah menghendaki supaya mereka juga saling memberi dan saling membantu diantara mereka (dng cara yg baik dan benar) ...
Dan inilah yg disebut Allah sebagai orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya ...

QS 8. Al Anfaal:2-4

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ ٱلَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ ٱللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ ءَايَـٰتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَـٰناً وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ
ٱلَّذِينَ يُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَمِمَّا رَزَقْنَـٰهُمْ يُنفِقُونَ
أُوْلـٰئِكَ هُمُ ٱلْمُؤْمِنُونَ حَقّاً لَّهُمْ دَرَجَـٰتٌ عِندَ رَبِّهِمْ وَمَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman[orang yang sempurna imannya] ialah mereka yang bila disebut nama Allah[menyebut sifat-sifat yang mengagungkan dan memuliakanNya] gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. "

"(yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka. "

"Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezki (nikmat) yang mulia. "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar