Jumat, 08 Desember 2017

Larangan Memaki-maki Angin

lshaq bin Ibrahim bin Habib bin Asy­Syahid Al Bashri menceritakan kepada kami, Muhammad bin Fudhail menceritakan kepada kami, Al A'masy menceritakan kepada kami, dari Habib bin Abu Tsabit, dari Dzar, dari Sa'id bin Abdurrahman bin Abza, dari bapaknya, dari Ubay bin Ka'ab, ia berkata, Rasulullah bersabda, "Janganlah kalian mencela angin. Jika kalian melihat sesuatu yang kalian benci (dari angin itu) maka ucapkanlah, 'Ya Allah, kami memohon kepadamu dari kebaikan angin ini dan dari kebaikan apa­apa yang ada di dalamnya, serta kebaikan atas apa yang diperintahkan terhadapnya Aku berlindung kepada­Mu dari keburukan angin ini, keburukan apa­apa yang terdapat di dalamnya, dan keburukan apa yang diperintahkan kepadanya'."
Shahih: Al Misykah (1518). Ash-Shahihah (2756), Ar-Raudh AnNadhir (1107), Al Kalim Ath-Thayyib (154),dan Imam Tirmidzi(2252)




Dari Abu Hurairah r.a., katanya: "Saya mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda:
"Angin itu adalah dari rahmat Allah, ia datang dengan membawa kerahmatan dan adakalanya ia datang dengan membawa siksa. Maka jikalau engkau semua melihat angin, janganlah engkau semua memaki-makinya dan mohonlah kepada Allah akan kebaikannya dan mohonlah perlindungan kepada Allah daripada kejahatannya."
Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dengan isnad hasan.
Sabda Nabi s.a.w.: Min rauhillah, dengan fathahnya ra', artinya kerahmatan Allah kepada hamba-hambaNya.

Dari Aisyah radhiallahu 'anha, katanya: "Nabi s.a.w. itu apabila angin berhembus keras, beliau mengucapkan doa yang artinya: "Ya Allah, sesungguhnya saya mohon kepadaMu akan kebaikan angin ini dan kebaikan apa-apa yang terkandung di dalamnya dan juga kebaikan sesuatu yang ia dikirimkan untuknya. Saya juga mohon perlindungan kepadamu daripada kejahatan angin ini dan apa-apa yang terkandung di dalamnya dan juga sesuatu yang ia dikirimkan untuknya." (Riwayat Muslim)

Karena itu di Indonesia dan Negara2 Barat tidak ada yang memberi nama yang menakutkan untuk badai, angin topan atau sejenisnya dan juga tidak terkesan memberikan nama yang mengutuk angin/badai tersebut. Misalnya, Badai Harvey, badai Irma, badai Jose, badai Katrina, badai Cempaka, badai Dahlia dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar