Senin, 25 Januari 2016

Keharusan Berjamaah (Bersatu)

Ahmad bin Mani' menceritakan kepada kami, AnNadhr bin Ismail Abu Al Mughirah menceritakan kepada kami, dari Muhammad bin Suqah, dari Abdullah bin Dinar, dari Ibnu Umar. ia berkata. "Umar pernah berpidato kepada kami di Jabiyah (perkampungan di Damaskus), ia berkata, 'Wahai sekalian manusia, posisiku di tengah kalian ini seperti posisi Rasulullah di tengah-tengah kita." Ia kemudian melanjutkan, "Aku mewasiatkan kepada kalian (untuk meneladani) sahabat-sahabatku, kemudian generasi setelah mereka, lalu generasi setelahnya. Kemudian setelah itu kebohongan tersebar luas, hingga seseorang berani bersumpah meski ia tidak diminta untuk bersumpah dan bersaksi meski ia tidak diminta untuk bersaksi. Tidaklah seorang pria berdua-duaan dengan seorang wanita melainkan yang ketiga di antara mereka adalah syetan. Hendaknya kalian berada dalam jamaah dan hindarilah perpecahan. Sesungguhnya syetan itu bersama orang yang sendiri. Syetan itu akan lebih jauh dari orang yang sedang berdua. Siapa saja yang menginginkan kenikmatan hidup di surga, maka hendaklah dia berjamaah (bersatu). Siapa saja yang gembira atas perbuatan baiknya dan benci terhadap perbuatan buruknya, maka orang itu adalah orang yang beriman".
Shahih: Ibnu Majah (2363) dan Shahih sunan Tirmidzi.

Yahya bin Musa menceritakan kepada kami, Abdurrazzak menceritakan kepada kami, Ibrahim bin Maimun mengabarkan kepada kami, dari Ibnu Thawus, dari bapaknya, dari Ibnu Abbas, ia berkata, Rasulullah bersabda, "Tangan Allah bersama jama 'ah ".
Hadits ini gharib, kami tidak mengetahuinya berasal dari Ibnu Abbas selain dari jalur periwayatan ini.
Shahih: Takhrij Ishlah Al Masajid (61), Zhilaf Al-Jamiah (1081), Al Misykah (173), Tahqiq Bidayah As-Sul (70/133) dan Shahih sunan Tirmidzi.

Abu Bakar bin Nafi' Al Bashri menceritakan kepada kami, Al Mu'tamir bin Sulaiman menceritakan kepada kami, Sulaiman Al Madani menceritakan kepada kami, dari Abdullah bin Dinar, dari Ibnu Umar, bahwa Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak akan mengumpulkan umatku —atau beliau bersabda, umat Muhammad— pada kesesalan. Tangan Allah bersama jama'ah. Siapa saja yang memisahkan diri/keluar (dari jama'ah), maka berarti ia telah memisahkan diri/keluar untuk menuju neraka ".
Shahih selain lafaz 'yang memisahkan diri', Al Misykat (3/11), Shahih sunan Tirmidzi, dan Azh-Zhilal(80).

Abu Isa berkata, "Hadits ini adalah gharib dari jalur periwayatan ini".
Al Madani di sini adalah Sulaiman bin Sufyan. Abu Daud AthThayalisi meriwayatkan darinya. Demikian pula dengan Abu Amir Al Aqadi dan ulama lainnya yang jumlahnya lebih dari satu orang. Abu Isa juga mengatakan bahwa penafsiran dari lafazh "jama'ah" menurut ulama adalah orang yang memahami Al Quran,  ilmu fikih dan ilmu hadits yg konsisten dengan ilmunya, juga selalu berjama'ah sholat fardlu di Masjid.

Ia berkata, "Aku pernah mendengar Jarud bin Mu'adz berkata, 'Aku mendengar Ali bin Hasan berkata, 'Aku bertanya kepada Abdullah bin Al Mubarak, 'Siapa yang dimaksud dengan jama'ah?' Dia menjawab, 'Abu Bakar dan Umar.' Dikatakan kepadanya. 'Bukankah Abu Bakar dan Umar telah wafat?' ia menjawab, 'Si Fulan dan si Fulan', dikatakan kepadanya, 'Bukankah si Fulan dan si Fulan telah wafat.' Abdullah bin Al Mubarak berkata. "Abu Hamzah AsSukkarilah yang dimaksud jama'ah".
Abu Isa berkata, "Abu Hamzah di sini adalah Muhammad bin Maimun, ia adalah seorang syaikh yang shalih".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar