Senin, 16 Februari 2015

Orang yang Bersin

Sumber: Shahih Sunan Tirmidzi

2741. Mahmud bin Ghailan menceritakan kepada kami, Abu Daud menceritakan kepada kami, Syu'bah mengabarkan kepada kami, Ibnu
Abu Laila mengabarkan kepadaku, dari saudaranya, Isa bin Abdurrahman, dari Abdurrahman bin Abu Laila, dari Abu Ayyub bahwasanya Rasulullah SAW bersabda. "Jika salah seorang dari kalian bersin maka ucapkanlah, Alhamdulillah 'ala kulli haalin(segala puji bagi Allah atas segala sesuatu). Kemudian ucapkanlah kepada orang yang menjawab seperti itu dengan ucapan, Yarhamukumullah (semoga Allah merahmati kalian). Kemudian ia —yg bersin menjawabnya dengan— mengucapkan, Yahdikumullah wa yushlih baalakum (semoga Allah memberikan petunjuk atas kalian dan memperbaiki hati kalian). "
Muhammad bin Al Mutsanna menceritakan kepada kami, Muhammad bin Ja'far menceritakan kepada kami, Syu'bah menceritakan kepada kami, dari Ibnu Abu Laila... dengan sanad seperti ini.
Ia berkata, "Seperti inilah Syu'bah meriwayatkan hadits ini, dari
Ibnu Abu Lahi'ah, dari Abu Ayyub, dari Rasulullah."
Ibnu Abu Laila bimbang terhadap hadits ini. Terkadang ia berkata, "Dari Abu Ayyub, dari Rasulullah."
Pada kesempatan lain dia berkata, "Dari Ali, dari Rasulullah."
Shahih: Ibnu Majah (3715).
Muhammad bin Basyar dan Muhammad bin Yahya Ats-Tsaqafi Al Marwazi menceritakan kepada kami. Mereka berdua berkata, Yahya bin Said Al Qaththan menceritakan kepada kami, dari Ibnu Abu Laila, dari saudaranya, Isa, dari Abdurrahman bin Abu Laila, dari Ali, dari Rasulullah ... dengan hadits yang sama.

2742. Ibnu Abu Umar menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, dari Sulaiman At-Taimi, dari Anas bin Malik. Bahwasanya ada dua orang laki-laki bersin di dekat Nabi SAW. Beliau mendoakan yang satu sedangkan yang lain tidak beliau doakan. Orang yang tidak didoakan bertanya, "Wahai Rasulullah, orang ini engkau doakan, akan tetapi engkau tidak mendoakanku." Rasulullah SAW menjawab, "Orang ini mengucapkan Alhamdulillah (segala puji bagi Allah), sedangkan kamu tidak memuji Allah."
Shahih: Muttafaq alaih.
Abu Isa berkata, "Hadits ini hasan shahih"

2743. Suwaid bin Nashr menceritakan kepada kami, Abdullah mengabarkan kepada kami, Ikrimah bin Aammar mengabarkan kepada kami, dari Iyas bin Salamah, dari ayahnya. Dia berkata, "Seseorang bersin di sisi Rasulullah dan saya melihatnya. Rasulullah SAW lalu mengucapkan, 'Yarhamukallah (semoga Allah merahmatimu)'." Kemudian ia kembali bersin. Rasulullah SAW lalu berkata, "Orang ini terkena penyakit flu."
Shahih: Ibnu Majah (3714).
Abu Isa berkata, "Hadits ini hasan shahih."
Muhammad bin Basyar menceritakan kepada kami, Yahya bin Said menceritakan kepada kami, Ikrimah bin Ammar menceritakan kepada kami, dari Iyas bin Salamah, dari ayahhnya, dari Rasulullah... dengan hadits yang sama. Hanya saja pada kesempatan yang (bersin) ketiga ia mengucapkan, "Kamu sedang terkena flu."
Shahih: Lihat hadits sebelumnya.
Ia berkata, "Hadits ini lebih shahih dibandingkan dengan hadits Ibnul Mubarak."
Syu'bah telah meriwayatkannya dari Ikrimah bin Ammar ... seperti riwayat Yahya bin Said.
Ahmad bin Al Hakam Al Bashri menceritakan kepada kami, Muhammad bin Ja'far menceritakan kepada kami, Syu'bah menceritakan kepada kami, dari Ikrimah bin Ammar... dengan hadits yang sama. Abdurrahman bin Mahdi meriwayatkan dari Hcrimah bin Ammar ... seperti riwayat Ibnul Mubarak. Pada kesempatan yang ketiga ia berkata, "Kamu sedang terkena flu."
Ishaq bin Manshur menceritakan kepada kami tentang hal itu, Abdurrahman bin Mahdi menceritakan kepada kami.

2745. Muhammad bin Wazir Al Wasithi menceritakan kepada kami, Yahya bin Said menceritakan kepada kami, dari Muhammad bin Ajian, dari Sumay, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah. Bahwa Nabi SAW jika bersin beliau menutup wajahnya dengan tangan atau bajunya, dan beliau pun merendahkan suaranya.
Hasan shahih: Ar-Raudh An-Nadhir (1109).
Abu Isa berkata, "Hadits ini hasan shahih"

2746. Ibnu Abu Umar menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, dari Ibnu Ajian, dari Al Maaburi, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Bersin itu dari Allah, sedangkan menguap itu dari syetan. Jika salah seorang dari kalian menguap(angop), maka letakkanlah tangannya di atas mulutnya. Jika ia mengucapkan, 'aah, aah,' maka sesungguhnya syetan sedang menertawakannya dari dalam mulutnya. Sesungguhnya Allah mencintai bersin dan membenci menguap. Jika sesorang mengatakan, 'aah, aah,' manakala ia sedang menguap, maka sesungguhnya syetan menertawakannya dari dalam mulutnya."
Hasan shahih: At-TaTtq Ala ibniKhuzahnah (921-922) dan Allrwa (779); Al Bukhari, dengan hadits yang sama.
Abu Isa berkata, "Hadits ini hasan shahih."

184. Bab: Bersin Ketika Shalat
404. Outaibah menceritakan kepada kami, Rifa'ah bin Yahya bin Abdullah bin Rifaah bin Rafi' AzZuraqi menceritakan kepada kami dari paman ayahnya Muadz bin Rifaahdari ayahnya, ia berkata, "Aku mengerjakan shalat di belakang Rasulullah SAW, lalu aku bersin dan aku mengucapkan, 'Alhamdulillah hamdan katsiran thayyiban mubaarakan fihi, mubaraakan 'alaihi, kama yuhibbu rabbuna wayardha (Segala puji bagi Allah dengan pujipujian yang banyak, baik. diberkati didalamnya serta diberkati atasnya, sebagaimana Tuhan kami senang dan ridha).' Ketika selesai shalat Rasulullah SAW menghadap kepada kami dan bersabda, 'Siapa yang berbicara ketika shalat?' Tak ada seorangpun yang berbicara. Kemudian beliau bersabda untuk yang kedua kalinya, 'Siapa yang berbicara ketika shalat?' Tak ada seorangpun juga yang berbicara Kemudian beliau bersabda untuk yang ketiganya, 'Siapa yang berbicara ketika shalat?' Lalu Rifaah bin Rafi' bin Afra' berkata, 'Aku wahai Rasulullah!' Beliau bersabda, 'Bagaimana kamu berkata?' Dia menjawab, 'Aku mengucapkan, "Alhamdulillah hamdan katsiran thayyiban mubaarakan fih mubaraakan 'alaihi kama yuhibbu rabbuna wayardha".' Lalu Rasulullah bersabda, 'Demi Dzat yang jiwaku di TanganNya, sungguh tiga puluh sekian malaikat berebut untuk membawa naik kalimat tersebut'."
Hasan: Shahih Abu Daud (747) dan Al Misykah (992)
Dalam bab ini terdapat hadits dari Anas, Wa'il bin Hujr, dan Amr bin Rabiah.
Abu Isa berkata, "Hadits Rifa'ah adalah hadits hasan."
Menurut sebagian ulama, hadits ini menceritakan kejadian dalam shalat sunah, karena tidak hanya seorang dari para tabiin yang berkata,
"Apabila seseorang bersin ketika shalat wajib, maka hendaknya ia memuji Allah dalam hatinya." Mereka tidak memperbolehkan lebih dari itu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar