Selasa, 28 Oktober 2014

Sunnahnya Berpuasa di Bulan Muharram

Sekedar mengingatkan >>>

Dari Abu Hurairah r.a., katanya :
"Ditanyakan kepada Rasululloh SAW. : " Sholat apakah yang lebih utama setelah sholat fardlu ?". Kata Nabi SAW : " Yaitu sholat tengah malam ". Tanya mereka lagi: "Puasa apakah yang lebih utama setelah puasa Romadlon ?". Ujar Nabi SAW. : " Puasa pada bulan Allah yang kamu namakan bulan Muharrom ".
(Riwayat Ahmad, Muslim dan Abu Dawud)

Dari Ibnu Abbas ra. katanya :
"Nabi SAW. datang ke Madinah, dan dilihatnya orang-orang Yahudi berpuasa pada hari 'Asyura. Maka tanya Nabi : "Ada apa ini ?". Kata mereka : "Hari baik, pada waktu dimana Allah membebaskan Nabi Musa dan Bani Israil dari musuh mereka, hingga dipuasakan oleh Musa ". Maka sabda Nabi SAW. : "Saya lebih berhak terhadap Musa daripada kamu". Lalu beliau berpuasa pada hari itu dan menyuruh orang agar berpuasa. (H.R. Bukhory dan Muslim)


Diterima dari Ibnu Abbas ra. katanya :
"Tatkala Rasululloh SAW. berpuasa pada hari 'Asyura dan memerintahkan orang agar berpuasa pada hari itu, mereka berkata : "Ya Rasululloh, hari itu adalah hari yang dibesarkan oleh orang Yahudi dan Nashrani ". Maka kata Nabi : "Jika datang tahun depan, Insya Allah, kita berpuasa pada hari kesembilan ". Kata Ibnu Abbas : "Tetapi belum sampai tiba pada tahun depan itu, Rasululloh SAW. sudah wafat ".
(Riwayat Muslim dan Abu Dawud).

Diterima dari Abu Qatadah r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda :
"Puasa pada hari 'Arafah, dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, yaitu tahun yang lalu dan tahun yang akan datang. Dan puasa hari 'Asyura menghapuskan dosa tahun yang lalu ".(Diriwayatkan oleh jama'ah kecuali Bukhary dan Turmudzi)

Diterima dari Hafsah r.a, katanya :
"Ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW. : Puasa 'Asyura, puasa sepertiga bulan (yaitu bulan Dzulhijjah), puasa tiga hari tiap bulan, dan sholat dua rakaat sebelum subuh ".(Riwayat Ahmad dan Nasa'i).
---------------------
InsyaAllah, Puasa hari kesembilan (Tasu'a) adalah hari Minggu (minggu ini), 2-11-2014
Sedangkan Puasa Asyura adalah hari Senin (minggu ini), 3-11-2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar