Rabu, 21 November 2012

Sunnahnya berpuasa pada bulan Muharrom

Sekedar mengingatkan >>>

Dari Abu Hurairah r.a., katanya :
"Ditanyakan kepada Rasululloh SAW. : " Sholat apakah yang lebih utama setelah sholat fardlu ?". Kata Nabi SAW : " Yaitu sholat tengah malam ". Tanya mereka lagi: "Puasa apakah yang lebih utama setelah puasa Romadlon ?". Ujar Nabi SAW. : " Puasa pada bulan Allah yang kamu namakan bulan Muharrom ".
(Riwayat Ahmad, Muslim dan Abu Dawud)


Dari Ibnu Abbas ra. katanya :
"Nabi SAW. datang ke Madinah, dan dilihatnya orang-orang Yahudi berpuasa pada hari 'Asyura. Maka tanya Nabi : "Ada apa ini ?". Kata mereka : "Hari baik, pada waktu dimana Allah membebaskan Nabi Musa dan Bani Israil dari musuh mereka, hingga dipuasakan oleh Musa ". Maka sabda Nabi SAW. : "Saya lebih berhak terhadap Musa daripada kamu". Lalu beliau berpuasa pada hari itu dan menyuruh orang agar berpuasa. (H.R. Bukhory dan Muslim)

Diterima dari Ibnu Abbas ra. katanya :
"Tatkala Rasululloh SAW. berpuasa pada hari 'Asyura dan memerintahkan orang agar berpuasa pada hari itu, mereka berkata : "Ya Rasululloh, hari itu adalah hari yang dibesarkan oleh orang Yahudi dan Nashrani ". Maka kata Nabi : "Jika datang tahun depan, Insya Allah, kita berpuasa pada hari kesembilan ". Kata Ibnu Abbas : "Tetapi belum sampai tiba pada tahun depan itu, Rasululloh SAW. sudah wafat ".
(Riwayat Muslim dan Abu Dawud).
---------------------
Puasa hari kesembilan (Tasu'a) adalah hari Jum'at (minggu ini), 23-11-2012
Sedangkan Puasa Asyura adalah hari Sabtu (minggu ini), 24-11-2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar